Untuk mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Wonosobo maka telah dirumuskan lima Program Unggulan pembangunan Kabupaten Wonosobo, yaitu sebagai berikut ;

  1. Wonosobo Maer
    “Wonosobo Maer” dalam bahasa lokal berarti bagus merupakan program yang ditujukan untuk meningkatkan aksesibilitas dan pemerataan pembangunan antar wilayah serta mengolah daya tarik pariwisata, dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan hidup secara berkelanjutan yang didukung dengan pelayanan publik yang berkualitas baik pada sumberdaya manusia maupun sarana prasarananya. Pengembanganan wajah Wonosobo ke depan juga mempertimbangkan filosofi sesuai branding Soul of Java, yang mencakup tiga aspek yaitu perdagangan, investasi dan pariwisata.
  2. Wonosobo Sehat
    Sumber daya yang sehat merupakan investasi jangka panjang dimana masyarakat yang sehat tidak akan menjadi beban pembangunan. Program unggulan “Wonosobo Sehat” diharapkan bisa meningkatkan kualitas kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai salah satu indikator daya saing dan kesejahteraan Wonosobo.
  3. Wonosobo Pinter
    “Wonosobo Pinter” menggambarkan niat baik seluruh
    masyarakat Kabupaten Wonosobo untuk lebih mengembangkan
    kemajuan berbasis pendidikan baik umum maupun keagamaan serta
    meningkatkan kemampuan literasi, pengetahuan dan pembelajaran
    seumur hidup.
  4. Wonosobo Aman
    “Wonosobo Aman” mengandung arti cita-cita kehidupan masyarakat yang aman dan tentram, bebas dari rasa takut dan kekhawatiran dan masyarakat yang merasa "handarbeni" terhadap lingkungan yang ada. “Wonosobo Aman” ini sekaligus memberikan jaminan bagi wisatawan dan investor di Wonosobo.
  5. Wonosobo Makmur
    Sebagai daerah agraris dimana sebagian besar masyarakatnya adalah petani, Kabupaten Wonosobo sangat mengandalkan pertanian sebagai penyumbang ekonomi terbesar.
Bagikan Halaman ini: