Wonosobo Smart Regency

Hasil Evaluasi Smart City 2021

Hasil Evaluasi Smart City 2021

Setelah melalui serangkaian kegiatan evaluasi smart city, hari ini Senin tanggal 3 Januari 2022, telah disampaikan mengenai hasil dari evaluasi tersebut. Dalam Penilaian evaluasi terhadap implementasi program smart city di seratus (100) Kota/Kabupaten yang terpilih melalui program Gerakan Menuju 100 Smart City diukur berdasarkan Lima (5) dimensi, dengan formulasi perhitungan yang berbeda, yakni:

  1. Baseline (bobot 10%), menggambarkan nilai improvement yang diperoleh berdasarkan hasil evaluasi Implementasi Masterplan dan Quick Win Smart City Tahun 2021.
  2. Output (bobot 20%), mencakup terbentuknya pondasi untuk pelaksanaan program smart city, untuk menilai sejauh mana pemerintah kota/kabupaten menyiapkan kebijakan, kelembagaan, serta anggaran untuk program smart city.
  3. Outcome (bobot 30%), mencakup pelaksanaan rencana yang ada di masterplan smart city, untuk menilai sejauh mana setiap rencana dijalankan oleh pemerintah daerah.
  4. Impact (bobot 20%), mencakup manfaat yang dirasakan masyarakat atas implementasi program smart city, untuk mengukur manfaat dan perbaikan pelayanan publik bagi masyarakat, keterlibatan masyarakat, serta keberlanjutan program yang telah berjalan.
  5. Program Percepatan atau Quick Win (bobot 20%), mencakup tingkat inovasi program percepatan smart city, untuk menilai kreativitas dan daya inovasi pada program percepatan (Quick Win).

Hasil penilaian dari lima dimensi tersebut dikategorikan menjadi dua (2), yakni:

  1. Indeks Pencapaian atau Rata-rata Bobot (performance) merupakan tingkat pembangunan smart city dari masing-masing daerah. Indeks Pencapaian diperoleh dengan menghitung rata-rata Baseline, Output, Outcome, Impact, dan Quick Win.
  2. Indeks Peningkatan (Tingkat Improvement) merupakan tingkat perbaikan yang terjadi pada tiap daerah setelah mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City. Indeks Peningkatan (Tingkat Improvement) diperoleh dengan menghitung selisih antara rata-rata Baseline, Output, Outcome, Impact, dan Quick Win terhadap nilai tahun lalu.

Dalam hasil penilaian tersebut, wonosobo mendapatkan nilai akhir sebesar 3,04. Wonosobo mengalami kenaikan sebesar 0,28 dari nilai sebelumnya. Berikut ini merupakan detail dari hasil evaluasi smart city 2021:

Bagikan Berita ini:
Bagaimana kualitas berita ini: