Wonosobo Smart Regency

Pameran Virtual Smart City

Pameran Virtual Smart City

Dalam rangka acara penutupan Gerakan Menuju Smart City, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan menggelar acara pameran virtaul yang diadakan pada Selasa 14 Desember 2021. Dalam acara tersebut akan ditampilakan tentang pencapaian dan juga rencana masing-masing daerah dalam mewujudkan smart city.

Gerakan smart city bertujuan membimbing pemerintah kota/kabupaten terpilih dalam membuat rencana induk pembangunan berbasis kota pintar. Rencana induk pembangunan kota pintar ini disusun berdasarkan tantangan serta potensi masing-masing wilayah sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Gerakan Menuju Smart City sudah dilakukan pada 2017-2019 dengan membimbing 100 kota/kabupaten terpilih. Pada pelaksanaan 2021, gerakan ini memfokuskan pada tema pariwisata yang sejalan dengan program pemerintah terkait Kawasan Wisata Prioritas.

Total ada 70 kota/kabupaten yang mengikuti Gerakan Menuju Smart City 2021, dengan 48 kota/kabupaten menjalani serangkaian bimbingan teknis yang dipimpin oleh akademisi dan praktisi smart city.

Nantinya, semua inisiatif pemerintah daerah yang telah mengikuti Gerakan Menuju Smart City pada periode saat ini dan sebelumnya dapat dilihat melalui pameran virtual yang berlangsung pada 14-28 Desember 2021. Untuk acara pameran virtual tersebut bisa dikunjungi di https://indonesiasmartcity.id/

Pada pameran virtual ini, publik dapat mengetahui pencapaian maupun rencana dari masing-masing daerah. Pengunjung pameran juga dapat berinteraksi dengan wakil dari tiap daerah, yang diharapkan dapat membuka ruang kolaborasi bagi semua pihak.

Kemenkominfo juga akan menyerahkan penghargaan kepada kota/kabupaten yang telah mengikuti Gerakan Menuju Smart City periode 2021 dan juga tahun-tahun sebelumnya.

Sumber: https://infokomputer.grid.id/

Bagikan Berita ini:
Bagaimana kualitas berita ini: